Sensus Pertanian Digelar Serentak 1-31 Mei
Badan Pusat Statistik (BPS) akan menggelar sensus pertanian mulai 1 Mei hingga 31 Mei 2013. Sensus ini merupakan sensus wajib yang mesti dilakukan setiap 10 tahun sekali.

"Terakhir kali BPS melakukan sensus pada tahun 2003 lalu, dan sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, maka sensus wajib dilakukan di tahun 2013 ini,"
ungkap Kepala BPS Suryamin kepada wartawan di Jakarta, Senin (29/4/2013).

Dalam sensus kali ini, lanjut Suryamin, BPS akan mengusung tema 'Menyediakan Informasi untuk Masa Depan Petani yang Lebih Baik'. Hasil sensus ini diharapkan bisa digunakan sebagai landasan keputusan kebijakan untuk kesejahteraan petani Indonesia.

Adapun yang menjadi responden sensus adalah seluruh perusahaan di sektor pertanian yang berlandaskan hukum, rumah tangga, dan bukan perusahaan berbadan hukum dan bukan rumah tangga.

"Perencanaan sensus ini sebenarnya sudah dipersiapkan sejak 2010 lalu. Pada Mei 2012, kegiatan sudah mulai dilakukan, namun listing dan pendataan akan mulai dilakukan pada 1 Mei hingga 31 Mei mendatang," ujar Suryamin.

Pengadaan sensus pertanian ini menelan anggaran APBN sebesar Rp 1,6 triliun yang akan akan disebar ke berbagai provinsi. (Yas/Ndw)
Copyright © 2011 Top Fm Padangpanjang. Hertech.
STREAMING AAC+