Pulau Sumatra Dikepung 213 Hotspot Pagi Ini

Top Fm September 18, 2015 0
Pulau Sumatra Dikepung 213 Hotspot Pagi Ini

TOP FM, Pekanbaru-  Sebanyak 213 titik panas atau hotspot menyebar di lima provinsi di Pulau Sumatra pada Jumat (18/9/2015) pagi. Titik api terbanyak berlokasi di Sumatra Selatan yaitu 189 hotspot.

“Titik panas terbanyak masih terdeteksi di Sumsel dengan 189 titik dan diikuti Jambi dengan 10 titik,” kata Kepala Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Sugarin di Pekanbaru, Riau.

Sementara empat provinsi lain yaitu Lampung, Bangka Belitung, Riau, dan Jambi. Sugarin mengatakan keberadaan titik api dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen.

Kabut asap masih menyelimuti sejumlah wilayah di Riau. Jarak pandang berkisar antara 200 Meter hingga 2.000 Meter. Jarak pandang terburuk terpantau di Pelalawan hanya 200 Meter.

Sebelumnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger bertekat untuk menanggulangi lokasi bekas kebakaran lahan dan hutan yang masih menghasilkan asap dalam waktu satu pekan kedepan.

Edwar mengatakan tengah fokus memerhatikan lahan bekas terbakar tidak kembali muncul api. Ia menjelaskan selama beberapa hari terakhir pihaknya intensif melakukan pengeboman air atau water bombing dengan tiga helikopter yakni Camorv, Sikorsky, dan MI 171.

Ada tiga daerah yang menjadi fokus pemadaman lokasi bekas kebakaran saat ini yakni Kampar, Pelalawan dan Indragiri Hulu. Menurut dia kebakaran hutan dan lahan Riau akan segera teratasi jika seluruh elemen dapat bekerja dengan baik.

“Kita akan usahakan terus dan optimis dalam sepekan bisa teratasi,” ujarnya.

Sumber : Antara

Leave A Response »