7 Cara Unik Redakan Stres

admin May 14, 2015 0
7 Cara Unik Redakan Stres

Stres bisa membuat seseorang panik, tidak mampu berkata-kata bahkan tidak tahu harus berbuat apa. Apa pun yang dilakukan terasa salah dan terkadang membuat kita bersikap agresif atau mungkin tidak ingin melakukan apa pun. Tubuh sebenarnya didesain untuk kembali ke keadaan normal setelah mengalami stres. Namun yang menjadi masalah, bagi kita yang hidup di era modern ini, seringkali ‘serangan’ stres hadir setiap waktu dan ketika tubuh mulai pulih dari stres, ada saja pemicu lain yang datang.

Kabar baiknya, stres ringan bisa cepat diatasi dengan cara yang terbilang mudah. Ini beberapa teknik unik untuk segera menyingkirkan stres, seperti dikutip dari Daily Mail

073927_atasistres1

1. Cuci Tangan dengan Air Hangat

Stres bisa diatasi dengan berendam air hangat, karena air hangat cukup efektif membuat tubuh dan pikiran lebih relaks. Tapi jika stres melanda saat di kantor, tentunya Anda tidak bisa langsung ‘kabur’ ke rumah untuk berendam air hangat. Ternyata efek relaksasi dengan air hangat juga bisa dirasakan cukup dengan mencuci tangan. Pergilah ke toilet lalu cuci tangan Anda dengan air hangat. Efeknya cukup bisa menenangkan sementara waktu meskipun tidak seefektif ketika Anda mandi.

073943_atasistres2

2. Bersenandung

Studi menunjukkan, kombinasi antara vokalisasi dan vibrasi yang dilakukan ketika orang menyenandungkan lagu membawa efek positif pada tekanan darah, yang membuat pikiran dan perasaan lebih tenang. Bernyanyi dengan suara keras seperti di karaoke memang lebih efektif untuk meredakan stres, tapi jika stres itu melanda di tengah rapat kerja, akan lebih baik jika Anda hanya bersenandung.

073958_atasistres3

3. Kunyah Seledri

Penelitian menunjukkan bahwa gerakan mengunyah bisa mengurangi kortisol, atau yang dikenal dengan nama hormon stres. Anda bisa mengunyah permen karet, tapi ada cara yang lebih baik karena permen karet biasanya mengandung gula tinggi (meskipun sebagian produk berlabel bebas gula). Saat stres, kunyahlah seledri. Sayuran rendah kalori ini mengandung senyawa kimia apigenin yang dikenal sejak dulu bisa meredakan kegelisahan, stres dan insomnia. Gerakan mengunyah itu sendiri bisa menenangkan sistem syaraf.

074018_atasistres4

4. Corat-coret Kertas

Siapkan kertas dan pulpen, lalu mulailah menggambar apa pun yang terlintas di pikiran Anda. Gambar tidak perlu bagus, Anda hanya perlu fokus pada aktivitas yang membuat bagian otak lainnya sibuk dan merasakan kebebasan. Mencorat-coret di atas kertas akan mengalihkan hal-hal yang membuat Anda stres sementara waktu, sehingga bisa lebih tenang dan berpikir lebih jernih.

074033_atasistres5

5. Cubit Alis

‘Pijatan’ ringan bisa sedikit melepaskan otot yang tegang ketika Anda stres, yang berada di sekitar kepala. Mulailah dengan mencubit pangkal alis Anda di dekat hidung, lalu arahkan cubitan kecil itu ke sepanjang alis hingga ujungnya. Lanjutkan cubitan ke arah telinga lalu pijat-pijat ringan bahu. Teknik ini akan sedikit meregangkan otot yang kaku akibat stres.

074054_atasistres6

6. Lepas Sepatu

Saat pikiran berada entah di mana, cara terbaik untuk mengembalikannya adalah dengan memijakkan kaki di tanah. Tidak harus di atas tanah yang sebenarnya, tapi setidaknya kulit di telapak kaki bisa merasakan ‘kedekatan’ Anda dengan bumi. Saat memakai sepatu, sirkulasi dan struktur tulang kaki sebenarnya mengalami tekanan. Dengan membuka sepatu, otot dan tulang kaki jadi terbebas sejenak yang akhirnya berpengaruh pada pikiran.

074115_atasistres7

7. Peluk Diri Sendiri

Manusia termasuk hewan mamalia, makhluk berdarah panas yang akan merasa nyaman dan lebih baik ketika diberi stimulasi seperti belaian, pelukan atau ciuman. Tidak harus dipeluk oleh orang lain, memeluk diri sendiri juga cukup efektif untuk sedikit meredakan stres dan merasa nyaman. Silangkan kedua tangan Anda lalu lingkari tubuh dengan lengan hingga seperti membungkus diri sendiri. Sambil memeluk diri sendiri, berikan pijatan ringan atau gosok-gosok kedua lengan serta punggung Anda. Cara ini akan membuat tubuh melepaskan hormon bahagia yang disebut oksitosin, seperti halnya mendapat pelukan dari orang lain


 

Sumber: wolipop.com

Leave A Response »