Disdikbud Sumbar Distribusikan Naskah Soal UN tingkat SMP

Top Fm April 27, 2015 0
Disdikbud Sumbar Distribusikan Naskah Soal UN tingkat SMP
Senin 27 April 2015
un-smp-soalDinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumatera Barat (Sumbar), akan mendistribusikan naskah soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat pada Jumat (1/5).
“Wilayah kota akan didistribusikan Jumat, dan Sabtu untuk daerah kabupaten se-Sumatera Barat,” kata Ketua Panitia UN Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar, Bustavidia di Padang, Senin.
Sedangkan untuk Kepulauan Mentawai, katanya naskah soal UN untuk tingkat SMP sederajat sudah lebih dahulu didistribusikan pada hari Minggu (26/4).
Menurutnya, pendistribusian naskah soal UN untuk Kepulauan Mentawai harus didahulukan, mengingat jarak yang harus ditempuh dan kendala mendistribusikan naskah soal UN di kepulauan.
“Jika pendistribusiannya disamakan dengan daerah lain, nahkah soal tidak akan sampai tepat waktu di Mentawai,” jelasnya.
Ia menambahkan, untuk sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer, naskah soal akan tetap dikirimkan sebanyak jumlah peserta.
Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi kendala dan gagal dalam pelaksanaan ujian nasional dengan komputer, maka akan dilaksanakan dengan ujian tulis.
“Naskah soal itu akan dititip di Dinas Pendidikan setempat,” katanya.
Satu-satunya sekolah yang berhasil lulus dalam verifikasi untuk melaksanakan ujian nasional dengan Computer Based Test (CBT) atau berbasis komputer adalah SMPN 2 Padang Panjang.
Ia mengatakan, dalam pendistribusian naskah soal UN nanti, Dinas Pendidikan tetap akan bekerja sama dengan kepolisian untuk mengawasinya.
Ia menyebutkan, untuk 2015 jumlah peserta UN tingkat SMP sederajat sebanyak 91.682 siswa dan untuk paket B sebanyak 2.786 siswa

Leave A Response »