Dampak Negatif Tayangan Sinetron yang Wajib Diingatkan Orangtua kepada Anak

Top Fm April 27, 2015 0
Dampak Negatif Tayangan Sinetron yang Wajib Diingatkan Orangtua kepada Anak

Senin 27 April 2015

TIDAK sedikit tayangan sinetron saat ini memiliki dampak negatif bagi perkembangan anak. Lantas, bagaimana cara orangtua menjaga buah hati mereka?
Tentu saja banyak hal yang harus diperhatikan orangtua, mengingat sinetron yang tayang di televisi sering kali bertepatan dengan waktu belajar anak. Termasuk juga mengedukasi si anak agar bisa selektif dalam memilih program.
Hal ini yang dirasakan oleh Febrian Nicanor. Artis cilik yang akrab disapa Rian ini sadar betul pada efek negatif tayangan televisi. Apalagi jika tayangan tersebut dikonsumsi oleh anak-anak.
“Tontonan sinetron bisa membuat anak-anak mencontoh sikap negatif. Contohnya, anak-anak yang masih kecil bisa tahu tentang cinta dan pacaran, padahal kan belum waktunya.
Selain gaya berpakaian yang tidak patut dicontoh, Rian berpendapat, sinetron saat ini banyak menyajikan adegan kekerasan. Meski demikian, Runner Up Indonesian Idol Junior ini juga tidak setuju kalau anak-anak disajikan tontonan kartun terus-menerus, apalagi sampai membuat lupa waktu.

Di rumahnya, orangtua Rian memang tidak membatasi tayangan televisi yang ditonton. Akan tetapi, kebebasan ini bukannya tanpa tanggung jawab. Orangtuanya justru membebaskan karena percaya anaknya yang sedang beranjak remaja sudah bisa menilai baik dan buruk suatu hal.

“Orangtua berpikirnya saya sudah tidak perlu diingatkan karena sudah besar,” tutupnya, bijak.

Leave A Response »