Radio TOP FM Padang Panjang Terima Anugerah Literasi 2019

Top Fm October 12, 2019 0
Radio TOP FM Padang Panjang Terima Anugerah Literasi 2019

Padang—Radio TOP 98,6 FM Padang Panjang menerima Anugerah Literasi kategori media elektronik yang diserahkan pada penyerahaan Pemenang Gebyar Anugerah Literasi dan Sosialisasi menjadi Manusia Litrerat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (12/10).

“Anugerah literasi ini pengakuan dari pihak luar, bahwa TOP FM merupakan media informasi elektronik yang peduli dan serius terhadap dunia literasi,” kata General Manager TOP FM, Hermayanti ketika dihubungi melalui selulernya.

Terkait dengan pentingnya budaya literasi, Yanti menyebut dengan terdongkraknya budaya literasi akan berimbas meningkatnya indikator kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor inti mengangkat pamor pendidikan suatu bangsa.

“Konsep budaya literasi sebenarnya bukan sekedar program duniawi. Lebih jauh, budaya literasi ternyata telah melekat pada ranah keyakinan. Dalam ajaran agama, kita mengetahui bahwa wahyu pertama yang turun adalah amar untuk mencerahkan diri dari belenggu kebodohan, lewat doktrin terkenal yaitu ”Iqra“ (membaca),” ungkapnya.

TOP FM berperan dalam mendorong budaya literasi di Kota Padang Panjang, dikatakannya dengan aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan secara formal atau unformal. Baik oleh pemerintah pada dinas terkait, maupun kelompok masyarakat yang terus tumbuh dalam bentuk bersama pegiat literasi.

“Melalui dinas terkait, kita senantiasa mendampingi untuk menyebarluaskan informasi tentang semaraknya kegiatan literasi di Padang Panjang. Ini juga berkat kerja sama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Padang Panjang, yang terus terjalin secara berkisinambungan dengan TOP FM,” pungkas Yanti.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar, Wardarusmen mengatakan pemberian penghargaan dan anugerah literasi 2019 yang juga diberikan kepada Radio TOP 98,6 FM itu telah melalui proses seleksi dewan juri.

Wardarusmen juga mengatakan dengan penetapan TOP 98,6 FM sebagai media elektronik peraih anugerah literasi, agar lebih meningkatkan eksistensi penyiaran yang dapat mendorong dan lebih menumbukembangkan budaya literasi di kota berjuluk Serambi Mekkah itu.

“Harapanya lebih banyak lagi masyarakat Padang Panjang yang menyadari begitu pentingnya meningkatkan budaya literasi tersebut. Melalui penghargaan terhadap TOP FM ini, akan menjadi motivasi berperansertanya radio-radio lainnya di Sumbar dalam mendorong budaya literasi di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Anugerah literasi diserahkan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan, Delliyarti. Tiga Penerima Anugerah Literasi lainnya adalah kategori Pengiat Literasi adalah Sri Eka Handayani dari Agam, Kategori Wartawan Nafizatul Hamdi dari Padangpanjang, dan Kategori Media Cetak Harian Rakyat Sumbar. (*)

Leave A Response »