Bangun siang? nih, dampak negatifnya…

admin February 18, 2015 0
Bangun siang? nih, dampak negatifnya…

Dampak Negatif Bangun Siang

93dd5572a97a3f3d8e7c34b5e048b7a2Saat hari sekolah atau kerja, kita pasti bangun pada waktu yang sama setiap hari. Tapi, saat liburan, bangun siang seakan sweet revenge buat kita. Padahal, bangun siang punya efek negatif lho TOPmania buat kesehatan kita.

Metabolisme Terganggu
Jika kita tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sesuai iramanya. Kita akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme. Ini juga bisa bikin berat badan kita bertambah lho.

Lesu
Tidur berlebihan akan membuat kita merasa lesu karena metabolisme kita masih bekerja dalam mode malam hari. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal. Jika kita benar-benar ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan jangan lebih dari 30 menit.

Kehilangan waktu produktif
Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran kita masih segar. Jika tidur terlalu lama maka kita akan kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari. Sehingga, kita harus menyelesaikan tugas dan kegiatan sampai larut malam dengan terburu-buru.

Disorientasi
Tidur terlalu lama membuat kita sulit berkonsentrasi dalam waktu lama, kecuali setelah bangun tidur kita langsung berolahraga. Nah, karena metabolisme tidak bisa berhenti, maka otak akan membuat kita merasa mudah lapar.

Sakit kepala
Cairan serebrospinal bergerak ke otak ketika kita tidur terlalu lama. Jika berlangsung dalam waktu lama, kondisi ini dapat menyebabkan sakit kepala parah dan bahkan menyebabkan kebutaan.

Nah, sudah tahu kan dampak negatif dari bangun tidur kesiangan. Kalau merasa mengantuk, segeralah tidur dan hindari bergadang.

 

 

Sumber: http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/5.efek.negatif.bangun.siang/001/007/1174

Leave A Response »