Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kota Padang Panjang Jadikan Festival Literasi Sebagai Agenda Tahunan

Top Fm March 11, 2019 0
Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kota Padang Panjang Jadikan Festival Literasi Sebagai Agenda Tahunan

Padang Panjang – Festival Literasi Kota Padang Panjang Tahun 2019, dilaksanakan tanggal 15-17 Maret di Lapangan GOR Khatib Sulaiman, dan ini adalah kerjasama dengan Gramedia, dengan menampilkan berbagai kegiatan menarik, mendatangkan tokok tokoh ternama diantaranya, Maman Suherman selaku Penulis dan Pegiat Literasi. Ini penjelasan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang Alvisena, saat jumpa pers di Hall lantai III Balaikota setempat, Senin (11/03).

Alvisena menyampaikan maksud dan tujuan dari festival ini yakni, untuk mengapresiasi literasi yang ada ditengah tengah masyarakat, dimana festifal literasi ini awalnya dilaksanakan khusus lokal Padang Panjang saja, tapi karena peminatnya banyak maka dibuka untuk tingkat Sumatera.

“Festival Literasi yang dilaksanakan ini adalah kerjasama dengan Gramedia, dan pada festival literasi nanti ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, Roadshow dan Seminar Film Pendek, Gebyar Literasi, Pameran Kampung Literasi, beragam lomba, Safari Perpurnas RI, juga Workshop dan Talkshow Literasi.

Dijelaskan juga oleh Alvisena, dalam Festival Literasi nantinya akan dihadirkan juga tokoh tokoh literasi diantaranya, Ahmad Fuadi selaku Penulis Buku Best Seller Trilogi Negeri 5 Menara, Maman Suherman selaku Penulis dan Pegiat Literasi, Amir Sodikin selaku News Managing Editor Kompas.com, Watiek Ideo selaku Penulis Buku Anak Nasional, dan Nindia Nurmayasari selaku Storyteller dan storywriter.

“Selain dari tokoh tokoh hebat tersebut, kita juga melaksanakan berbagai kegiatan yakni Karnaval Literasi, Talkshow Literasi, lomba baca puisi, serta lomba mewarnai tingkat TK se-Kota Padang Panjang. Selain dari itu kita juga menyiapkan stand stand kampung literasi di lapangan GOR Khatib Sulaiaman tersebut,” jelas Alvisena.

Dalam Jumpa Pers tersebut turut hadir Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Iriansyah Tanjung, yang sangat mengapresiasi kegiatan Festival Literasi tersebut dan berharap Festival ini merambah tingkat nasional.

“Pada kegiatan nanti kita akan maksimalkan semua potensi yang ada, dan kita berharap Festival Literasi ini meriah. Mohon dukungan dari semua pihak agar acara ini terlaksana dengan baik,” ujar Iriansyah.

Berbagai pertanyaan muncul dari awak media yang hadir saat jumpa pers tersebut, dengan jawaban yang diberikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip serta Staf Ahli Walikota mengakhiri acara tersebut.

Leave A Response »