Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berikan Pelatihan Adat Bagi Anak Nagari

Top Fm October 10, 2018 0
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berikan Pelatihan Adat Bagi Anak Nagari

Padang Panjang—Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang melaksanakan Sosialiasi Kegiatan Pelatihan Adat Bagi Anak Nagari dan Pemerhati Adat, acara yang berlangsung di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang mengundang 40 peserta, Rabu (10/10).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang Alvi Sena menyampaikan, bahwa mengembalikan adat bagi anak nagari dalam tatanan adaik basandi syarak, syarak basandi kitabullah ini harus fokus dilakukan, termasuk juga bagi pemerhati adat khususnya di Kota Padang Panjang.

“Pembudayaan nilai nilai adat secara turun temurun dilakukan dengan berbagai cara, maka dalam kegiatan sosialisasi ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaksanakan program pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan, dengan memberikan pelatihan adat bagi anak nagari dan juga bagi pemerhati adat,” ujar Alvi Sena.

Adat istiadat merupakan aneka kelaziman dalam suatu nagari. Kelaziman ini pada umumnya menyangkut pengejawantahan unjuk rasa seni budaya di masyarakat, seperti acara-acara keramaian anak nagari (generasi muda), seperti pertunjukan randai, saluang, aneka tari-tarian, dan aneka ragam kesenian lainnya.

 

“Sejauh ini kita selalu bekerjasama dengan Forum Pegiat Literasi (FPL), Kampung Literasi, serta komunitas yang ada di Kota Padang Panjang ini, kita mendatangkan nara sumber yakni Muhammad Djamil, yang mengerti tentang adat istiadat,” ucap Alvi Sena.

 

Dalam penerapan nilai nilai kearifan lokal di kehidupan sehari-hari adalah upaya untuk membangun kembali stuktur Nagari, dan lahirnya pelopor dalam berbagai bidang.

 

“Kita berharap mengembalikan dan memberdayakan potensi yang ada, mengangkat nama Kota Padang Panjang dari segi kekhususannya dengan pengembangan komunitas komunitas adat yang ada disetiap Nagari, semoga kita bisa menjadikan Kota Padang Panjang sebagai gerbang masuknya Minangkabau,” harap Alvi Sena.

 

Leave A Response »