Wujudkan Sekolah Ramah Anak Di Kota Padang Panjang

Top Fm November 1, 2018 0
Wujudkan Sekolah Ramah Anak Di Kota Padang Panjang

Padang Panjang – Peringati Hari Anak Internasional, Pemerintah Kota Padang Panjang mengunjungi beberapa sekolah diantaranya SMPN 2, SMPN 3, dan SDN 15 Ngalau, yang dipimpin langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Martoni S.sos, Kamis (01/11/2018).

Martoni memberikan semangat pada siswa siswa sekolah yang dikunjunginya, dan beliau berharap agar pada peringatan hari anak internasional ini, guru serta wali murid hadir dengan saling bersosialisasi dengan membudayakan 3S, yakni Senyum, Sapa, Salam.

“Saya berharap di Kota Padang Panjang agar pada setiap peringatan hari anak internasional ini, seperti yang dihimbau oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, ada satu hari bagi anak anak untuk bermain dan belajar diluar ruangan atau disebut dengan Outdoor Classroom Day, dan ini adalah salah satu kriteria menuju sekolah ramah anak,”  ujar Martoni.

Martoni juga menambahkan, Kota Padang Panjang belum ada sekolah ramah anak dan berharap kedepan selain Kota Padang Panjang adalah Kota Pendidikan, juga akan memiliki sekolah ramah anak.

Hadir Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Laswarni mengatakan, bahwa pada peringatan hari anak internasional ini, ada 15 sekolah yang masuk kriteria sekolah ramah anak di Kota Padang Panjang ini, dan dari 15 sekolah ini akan ditinjau kembali mana sekolah yang bisa ditonjolkan untuk dilombakan tingkat provinsi.

“Kita berharap bisa mewujudkan sekolah ramah anak di Kota Padang Panjang ini, dan harus memenuhi beberapa unsur yakni, sekolah sudah memahami hak hak anak, lingkungan yang mendukung, serta guru dan orang tua yang sudah memperlakukan anak dengan baik,” ucap Laswarni.

Ditambahkan juga pada peringatan hari anak internasional ini adalah bertujuan untuk memberikan kebebasan pada anak untuk belajar diluar kelas, sedapatnya didampingi oleh guru dan para wali murid, ini bertujuan para guru dan wali murid bisa bersosialisasi bagaimana menyambut dan melayani anak, dan anak pun  bisa bersosialisasi dengan baik bersama teman temannya dan bisa bermain bersama.

“Kita mengetahui bahwa, anak sekolah keseharian mereka banyak belajar didalam kelas, pada moment inilah kita berikan satu hari kebebasan pada anak anak tersebut yaitu bertepatan pada peringatan hari anak internasional ini,” ujar Laswarni.

Salah satu kepala sekolah yang dikunjungi yakni kepala sekolah SMPN 2 Alphabeta Nazar, Spd mengatakan bahwa, SMPN 2 siap untuk mewujudkan sekolah ramah anak.

“Kami sudah dari jauh jauh hari menyiapkan sekolah ini, dalam mewujudkn sekolah ramah anak dan kami akan melibatkan wali murid karena semua ini akan terwujud dengan melibatkan semua unsur, dan kami juga akan mengevaluasi apabila nanti ada guru guru yang tidak ramah pada anak,” harap Alphabeta.

Pada setiap akhir kunjungan yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah ke sekolah sekolah tersebut, para siswa atau anak didik mempersembahkan yelyel yaitu yel yel sekolah ramah anak dan yel yel sosialisasi gempa.

 

 

 

Leave A Response »