Berbagi Ilmu Jurnalistik Bersama Kuflet

Top Fm October 28, 2018 0
Berbagi Ilmu Jurnalistik Bersama Kuflet

Padang Panjang — Komunitas Seni Kuflet berbagi ilmu jurnalistik di Sekretariat Kuflet , Minggu (28/10/2018). Kegiatan ini diikuti oleh 10 anggota dengan pemateri Dr.Sulaiman Juned M,Sn.

Komunitas yang anggotanya semula hanya berasal dari mahasiswa semua  Jurusan di ISI Padang Panjang, saat ini juga beranggotakan mahasiswa dari   STAI Imam Bonjol, dan FKIP Muhamadiyah Padang Panjang.

” Atas dasar itu, pelatihan jurnalistik diadakan guna memahami teknik penulisan berita dan mampu  menulis rilis ke media cetak dan elektronik, ketika Kuflet melaksanakn ivent, ” tutur Soleha Hasanah Nasution Ketua Komunitas Seni Kuflet saat ditemui di Sekretariat.

Menurut Dr.Sulaiman Juned M,Sn , ada hal yang harus diperhatikan ketika menulis berita adalah formula 5W+1H, yakni apa peristiwanya, kapan, dimana, mengapa, siapa dan Bagaimana. Ini menjadi kunci dalam menulis berita.

Berita yang dipaparkan juga harus mencakup P3S,  yaitu Prioritas, seberapa penting peristiwa itu. Kebaruan, apa hal baru yang dapat disajikan dalam peristiswa untuk menjadi berita.

” Keunikan, apa uniknya dan istimewa peristiwa tersebut. Sedangkan Ketokohan, apakah peristiwa tersebut milik seorang tokoh atau berkaitan dengan tokoh. Hal ini tentu dapat menentukan berita ini menjadi berita besar, sedang atau kecil ,” tutur Sulaiman Juned yang juga mantan jurnalis tersebut.

Soleha Hasanah Nasution  menambahkan bahwa Kuflet sangat memprioritaskan ilmu jurnalistik. Hal ini dapat melatih untuk membuat berita.

”  Pelatihan ini selain mampu membuat berita juga membiasakan diri bagi anggota untuk menulis. Ada pula hal yang paling penting, nantinya akan mudah menulis tugas semester, dan bahkan memudahkan diri untuk menulis Skripsi atau laporan karya, ” jelas Soleha.

Samsudin , salah seorang siswa Kuflet yang ikut pelatihan jurnalistik tersebut,  menyampaikan rasa bahagia dan bangganya  menjadi anggota Kuflet.

Bersama Kuflet, ia mendapatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai belajar menulis dengan baik.

” Hal yang seperti ini tidak pernah saya pelajari ketika berada di Sekolah Lanjutan Atas, dan Alhamdulillah teknik menulis yang baik dan benar kami dapatkan dari Komunitas Seni Kuflet ini ,” tutur Anggota baru Kuflet ini.

Dalam pemaparannya, Sulaiman Juned menjelaskan bahwa setelah memahami teknik penulisan, seorang penulis berita hendaknya juga memahami teknik wawancara dengan sumber tentang peristiwa apa yang akan diliput.

”  Bagi wartawan pemula biasanya pertanyaan-pertanyaan  disusun terlebih dahulu. Rajin membaca referensi yang berkaitan dengan objek liputan. Setelah melakukan liputan dan mengumpulkan bahan, kini saatnya untuk menulis berita. Anda semua harus menulis berita mengenai peristiwa pelatihan ini, ” papar Penasihat Kuflet yang juga dikenal sebagai penyair dan dosen seni teater di ISI Padang Panjang ini. (Wildan)

Leave A Response »