Walikota Padang Panjang: Untuk Kejayaan Padang Panjang Yang Bermarwah dan Bermartabat

Top Fm October 23, 2018 0
Walikota Padang Panjang: Untuk Kejayaan Padang Panjang Yang Bermarwah dan Bermartabat

Padang Panjang – Pemerintah Kota Padang Panjang berupaya melakukan berbagai program prioritas dalam percepatan dan pemantapan pembangunan di Kota Padang Panjang, yang mana hal ini disampaikan oleh Walikota Padang Panjang Fadly Amran dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Auditorium Minang Fantasi, Selasa (23/10/2018).

Penyampaian Nota Penjelasan Walikota Padang Panjang atas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2019, memuat beberapa program Walikota diantaranya untuk program bidang ekonomi dengan tagline Ekonomi Assalam, dimana akan memperkuat ekonomi kerakyatan berbasis keunggulan lokal.

Dibidang pendidikan dengan tagline Padang Panjang Fathonah, ini meningkatkan kualitas Pendidikan menuju Padang Panjang Cerdas,  dan untuk bidang kesehatan dengan tagline Padang Panjang Sehat, yakni meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dengan program yang dibacakan, itu sebagai jabaran dari misi Walikota tersebut, saat diwawancarai Walikota Fadly Amran mengatakan bahwa, seluruh program yang dirancang muaranya adalah kepada masyarakat.

“Implementasi program yang kita buat ini, berharap akan menyentuh langsung kepada masyarakat, dan kita akan mencarikan solusi terkait permasalahan yang ada nantinya. Dan saya berharap dengan bantuan dari OPD, kita akan mensuport kinerja pemerintahan ini yang aktual, bersih, profesional dan anti korupsi,” harap Fadly.

Dilain sisi Ketua DPRD Kota Padang Panjang Novi Hendri mengatakan, dari program yang disampaikan oleh Walikota sudah bagus, tapi itu masih normatif.

“Penjelasan dari Walikota tadi sudah bagus, tapi menurut saya masih normatif, dimana sebenarnya ada program strategis yang telah disusun oleh Walikota, namun ini tidak disampaikan yakni melanjutkan pembangunan pasar, melanjutkan pembangunan Islamic Center, parkir, dan termasuk program strategis Walikota di tahun 2019 adalah rest area, perluasan jalan di Silaiang Bawah, pembangunan sport center dan yang lainnya, intinya semua ini bermuara pada masyarakat,” ujar Novi.

Penjabaran lebih lanjut dari KUA PPAS, mempunyai keterkaitan utuh yang bermuara pada penyusunn RAPBD, maka gambaran secara keseluruhn Belanja Daerah Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2019 direncanakan lebih kurang Rp. 588,7 milyar. Dengan rincian untuk Belanja Tidak Langsung sebesar Rp. 253 milyar dan Belanja Langung sebesar Rp. 335,7 milyar.

Melihat perbandingan antara rencana Pendapatan Daerah dengan rencana Belanja Daerah maka Walikota Padang Panjang menyampaikan di Tahun Anggaran 2019 mengalami defisit sebesar Rp. 69,3 milyar, yang akan ditutupi melalui Sisa Lebih Anggaran pada tahun sebelumnya yakni Rp. 69,3 milyar.

 

 

 

 

 

Leave A Response »