Satlantas Polres Padang Panjang, Lakukan Pemeriksaan Uji KIR

Top Fm September 12, 2018 0
Satlantas Polres Padang Panjang, Lakukan Pemeriksaan Uji KIR

Padang Panjang – Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Padang Panjang melaksanakan penegakan hukum terhadap kendaraan penumpang umum yang Uji KIR mati, atau yang sudah kadaluarsa, bertempat di Terminal Bukit Surungan, Rabu (12/09/2018).

 

Kapolres Padang Panjang AKBP. Cepi Noval, SIK melalui Kasat Lantas IPTU. Bezaliel Mendrofa, SH menyampaikan, bahwa pemeriksaaan tersebut dilaksanakan adalah untuk menindaklanjuti Surat Telegram (STR) Kapolda Sumbar No Pol : 980/IX/2018 tanggal 10 September 2018.

 

“Pemeriksaan ini juga berkaitan dengan kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kota Sukabumi beberapa hari lalu, yang menewaskan 21 orang penumpangnya. Dengan itu, kita diarahkan untuk memeriksa kelayakan kendaraan penumpang umum, agar dapat meminimalisir kecelakaan yang terjadi,” ujar Mendrofa.

 

Mendrofa juga mengatakan, pihaknya akan tetap melakukan pemeriksaan kepada kendaraan penumpang umum antar provinsi maupun kota yang melintasi wilayah hukum Polres Padang Panjang, selama STR Kapolda Sumbar belum dicabut.

 

“Kita melakukan pemeriksaan diantaranya, Buku KIR dan kelengkapan lainnya. Dan kegiatan ini akan kita laksanakan sekali dalam seminggu selama STR Kapolda Sumbar belum dicabut, dan kita akan melakukan pemeriksaan dengan hari dan waktu yang berbeda,” jelasnya.

Mendrofa juga menambahkan, dalam kegiatan itu serta untuk mencek buku KIR dan kelengkapan surat dan kondisi fisik kendaraan itu sendiri, pihaknya turut dibantu Dinas Perhubungan Kota Padang Panjang dan jasa raharja.

 

“Apabila kendaraan penumpang umum, bagi mereka yang tidak melengkapi ketentuan yang ada kita akan tindak tegas, dan apabila kondisi kendaraan sudah tidak layak lagi, maka  penumpangnya akan kita pindahkan ke mobil yang layak jalan, dan kita akan melakukan penilangan bagi kendaraan tersebut,” tambahnya.

 

Selama pemeriksaan berlangsung Mendrofa telah melakukan penilangan terhadap 4 kendaraan penumpang umum. “Kita telah melakukan penilangan kepada kendaraan penumpang umum, yang mana 3 diantaranya dikarenakan Buku KIR Kadaluarsa atau mati, dan satunya lagi tidak mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM),” jelasnya.

Leave A Response »