ISI Padang Panjang Gelar Pemilihan Rektor Untuk 4 Tahun Kedepan

Top Fm August 30, 2018 0
ISI Padang Panjang Gelar Pemilihan Rektor Untuk 4 Tahun Kedepan

Berakhirnya masa jabatan Prof Dr Novesar Jamarun MS selaku Rektor Institut Seni Indonesia (ISI), 28 pejabat Senat kampus seni tersebut lakukan pemilihan pemimpin baru untuk periode 2018-2022 mendatang.

Proses pemilihan yang diawali dengan rapat terbuka Senat dengan agenda penyampaian visi dan misi 4 bakal calon (bacalon) rektor, berlangsung santai di Aula Lantai III Rektorat sejak pukul 10.00 WIB hingga 12.15 WIB, Kamis (30/8/2018).

Penyampaian visi dan misi serta penilaian penetapan 3 calon rector, diawali Dr Ahmad Akmal MPd selaku bacalon nomor urut 1, kemudian Dr Martaroza MHum, Dr Erlinda SSn MSn dan terakhir Prof Dr Novesar Jamarun MS di nomor urut 4.

Dr Ahmad Akmal MPd dalam visi misinya menyampaikan, program prioritasnya jika terpilih memimpin ISI Padang Panjang periode 4 tahun ke depan akan menjadikan perguruan tinggi yang unggul, terdepan dengan melahirkan lulusan yang menjunjung tinggi nilai budaya.

“Kita akan membangun pusat kajian dengan menjunjung moralitas bangsa. Sasaran yang dicapai, lulusan ISI Padang Panjang akan siap pakai dan mampu menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat,” papar Akmal yang merupakan mantan Rektor ISBI Aceh tersebut.

Bacalon urut 2, Dr Martaroza MHum yang merupakan mantan Pembantu Rektor (PR) III periode sebelumnya mengatakan pengembangan ISI ke depan harus tertuang dalam program kerja secara tersistematis.

Sedangkan bacalon nomor urut 3, Dr Erlinda SSn MSn menyampaikan perencanaan program kerja harus diawali dengan pengkajian kondisi masa lalu. Tumbuhkembangnya perguruan, tergantung dari banyak aspek dengan menyamaratakan prioritas.

Sementara Rektor ISI menjabat, Prof Dr Jamarun MS yang kembali ikut bertarung dalam visi misinya mengatakan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dalam menyusun rencana kerja harus mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti).

“Hal tersebut telah menjadi indikator utama menjadikan ISI Padang Panjang lebih baik selama 4 tahun belakangan ini. Beragam capaian yang signifikan, di antaranya menjadikan ISI berada di peringkat 85 dari seluruh PTN dan PTS yang ada di Indonesia,” beber Novesar di hadapan Senat dan perwakilan Dirjen Dikti.

Ketua Senat ISI Padang Panjang, Drs Desmawandi MHum mengatakan setelah mendengarkan penyampaian visi dan misi para bakal calon akan ditetapkan tiga calon rektor. Namun tahapan tersebut akan dilewati melalui rapat tertutup sekaligus memutuskan 3 dari 4 bacalon rektor masa jabatan 2018-2022 mendatang untuk diusulkan ke kementerian.

“Secara keterwakilan, aspirasi civitas sudah dijawab masing-masing bacalon setelah menyampaikan visi dan misi. Kemudian kita bersama seluruh anggota Senat akan melakukan rapat tertutup guna menentukan siapa calon rektor guna diusulkan ke kementerian,” jawab Desmawandi.

Pihak panitia Pemilihan Rektor ISI Padang Panjang sampai saat ini belum mendapatkan kepastian terkait hasil dari rapat tertutup yang digelar hingga sore hari.

Leave A Response »