Gabungan Ormas Padang Panjang dan Batipuh X Koto Himbau Masyarakat untuk Ciptakan Pemilu Damai dan Bersih

Top Fm June 23, 2018 0
Gabungan Ormas Padang Panjang dan Batipuh X Koto Himbau Masyarakat untuk Ciptakan Pemilu Damai dan Bersih

Demi terciptanya pemilu Aman, Damai, Bersih dan tidak diciderai, gabungan Ormas Padang Panjang dan Batipuh X Koto adakan pertemuan dan Himbauan Moral kepada masyarakat, Sabtu (23/6) di Padang Panjang.

Ketua Majelis Kerapatan Adat Nagari (MKAN) Batipuh X Koto dan Padang Panjang, Basrizal DT Pengulu Basa, selaku inisiator acara pada kesemptan tersebut membacakan beberapa himbauan hasil kesepakatan bersama gabungan Ormas. Majelis Ulama Indonesia (MUI), KAHMI Padang Panjang, PDM Pabasko, NU Padang Panjang,  Gebu Minang Padang Panjang, ICMI Padang Panjang,  Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Padang Panjang dan FKUB Padang Panjang, mengatakan pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang 2018 yang hari pelaksanaanya pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang agar dapat terlaksana dengan Aman, Damai, Bersih dan tidak diciderai.

“Kepada Penyelenggara pilkada, KPU dan jajaran agar menyelenggarakan seluruh tahapan dengan tetap berpegang kepada azas pemilu dan azas penyelenggara pemilu dengan mengedepankan netralitas dan integritas,” jelas Basrizal DT Pengulu Basa kepada awak media.

Tambahnya, kepada panwaslu agar melakukan tugas pengawasan kepada penyelenggara, peserta dan masyarakat secara komprehensif, tanpa membeda-bedakan pihak terkait.

“Kepada pasangan calon maupun tim sukses dihimbau agar berpolitik secara santun dan menjauhi politik kotor, seperti politik uang, kampanye hitam dan berbagai tindakan yang mengotori semangat pemilu bersih. Sebaiknya tonjolkan penyampaian visi-misi, sehingga masyarakat tahu dan paham apa yang hendak di perjuangkan paslon.”

Lebih lanjut Basrizal DT Pengulu Basa mengatakan, kepada segenap masyarakat yang sudah punya hak pilih agar datang ke TPS pada tanggal 27 Juni untuk memberikan hak pilihnya. Jangan tergiur dengan pemberian dalam bentuk apapun, gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, tanpa adanya tekanan, paksaan dan bujuk rayu dari pihak manapun.

“Kepada seluruh elemen masyarakat, mari kita jaga suasana keamanan agar tetap kondusif, jangan mudah terprovokasi oleh pihak tak bertanggung jawab, yang dapat merusak kerukunan kita. Mari kita wujudkan Pilkada bersih, supaya terpilih pemimpin yang terbaik untuk Kota Padang Panjang 5 tahun kedepan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama Jasriman selaku Ketua KIPP Padang Panjang menambahkan, kedepan forum ini akan terus berlanjut dan pembahannya bukan hanya soal pemilu tetapi juga bidang-bidang lainnya.

“Insyaallah forum ini kedepannya akan terus berlanjut dengan pembahasan-pembahasan lainnya dan bukan hanya soal pemilu. Masing-masing ormas juga sudah mengimbau warga/anggotanya untuk mendukung pilkada bersih agar terciptanya Pilkada yang Aman, Damai, Bersih dan tidak dicederai sesuai dengan apa yang disampaikan ketua MKAN Batipuh X Koto dan Padang Panjang Basrizal DT Pengulu Basa,” tutur Jasriman yang juga Mubaligh kondang di Kota Padang Panjang.

Leave A Response »