Bebaskan Ranah Minang Dari Rabies

Top Fm April 6, 2018 0
Bebaskan Ranah Minang Dari Rabies

Acara Technical Meeting Refocusing yang berlangsung di Aula Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kelurahan Silaiang Bawah Kota Padang Panjang, ini adalah salah satu rangkaian dari kegiatan “Bebaskan Ranah Minang Dari Rabies” , Jumat (06/04/2018).

Pada acara technical meeting tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) drh. M. Kamil, MP , Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Padang Panjang drh. Wahidin Beruh, Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar drh. Rocky Marta Rika, dan Kepala Balai Veteriner Wilayah Regional Bukittinggi drh. Yul Fitriana.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadikan Kota Padang Panjang sebagai Pilot Project tahap pertama, pada kegiatan Bebaskan Ranah Minang Dari Rabies ini, dan pada kegiatan ini juga akan dihadiri oleh 18 Kabupaten/Kota se Sumbar.

“Gerakan masal pelaksanaan vaksinasi rabies tahap pertama ini kita dipusatkan di Kota Padang Panjang, kenapa dikota padang panjang, karena kita melihat dari aspek kelembagaan, SDM, regulasi dan tak kalah pentingnya adalah komitmen Pemerintah Kota (Pemko), tentang pengendalian rabies dan pengendalian Hewan Penyakit Menular strategis lainnya,” ucap M. Kamil.

drh. M. Kamil juga menyampaikan bahwa daerah  Sumbar termasuk daerah endemik rabies dengan kasus yang cukup tinggi, tentu ini merupakan tantangan bagaimana membebaskan ranah minang dari rabies.

“Kami menyadari dengan adanya potensi yang ada pada kita, sudah pasti kita tidak akan mampu membebaskan 18 Kabupaten/Kota sekaligus, maka kita mempunyai prioritas prioritas yang akan dilaksanakan mulai dari tahun 2018 ini sampai tahun 2020 nanti, yang kita targetkan Sumbar bebas rabies,” ujar M. Kamil.

M. Kamil mengatakan, gerakan ini akan dilaksanakan juga di 4 titik lagi, yakni Kota Pariaman, Kota Solok, Payakumbuh dan Sawah Lunto.

drh. Wahidin Beruh menyampaikan, bahwa kegiatan ini selain Kota Padang Panjang juga melibatkan 2 Kecamatan dari Kabupaten Tanah Datar yakni Batipuah dan X Koto, dan kegiatan vaksinasi ini, akan dilakukan oleh petugas dari 18 Kabupaten/Kota, ada sekitar 160 orang yang akan turun membantu memvaksinasi Hewan Penular Rabies (HPR) yang ada di Kota Padang Panjang  Batipuah dan X koto.

“Saya berharap capaian vaksinasi ini adalah 100%, dan kegiatan tahap pertama ini difokuskan di 24 titik, untuk 12 Kelurahan saja, yang ada di Kota Padang Panjang, bagi masyarakat yang mempunyai HPR seperti anjing dan kucing, agar memvaksin HPR nya secara gratis , Kamis (26/04/2018) nanti, yang dimulai pada pukul 10 – 12 WIB,” harap Wahid.

Leave A Response »