1 Unit Mobil Perpustakaan Keliling Untuk Kota Padang Panjang

Top Fm February 2, 2018 0
1 Unit Mobil Perpustakaan Keliling Untuk Kota Padang Panjang

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang kembali menerima bantuan 1 unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI). Bantuan ini merupakan yang kedua kalinya diterima Kota Padang Panjang dari Pemerintahan Pusat, Jumat (02/02/2018).

Satu unit mobil tersebut diserahkan secara langsung oleh Pemerintah Pusat yang diwakili Deputi II Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dra. Worotiti Haryanti MA, di Halaman Balaikota Padang Panjang.  Worotiti mengatakan ini merupakan program dari Pemerintah Pusat untuk meningkatkan pelayanan demi mewujudkan masyarakat cerdas, dan sejahtera melalui pemberdayaan perpustakaan.

“Untuk perpustakaan Kota Padang Panjang saya beri dua acungan jempol, walaupun kecil namun kreatifitas banyak yang diselenggarakannya, terutama dengan merangkul teman-teman penggiat literasi sehingga nampak giatnya, bahwa perpustakaan adalah tempat aktifitas masyarakat,” ujar Worotiti.

Selain dari 1 unit mobil perpustakaan keliling yang diberikan, juga ada buku sebanyak 400 judul, 800 eksemplar, 1 set perlengkapan multimedia, TV, genset, laptop, modem, proyektor dan layar proyektor.  Saat penyerahan mobil tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPR RI Dr. Fadli Zon, yang berharap, mobil perpustakaan keliling ini bisa menjadi penggerak literasi di Kota Padang Panjang.

“Saya lihat ada semacam keinginan dan cita-cita Kota Padang Panjang menjadi Kota literasi, karena ada banyak perguruan tinggi disini. Dan saya berharap perpustakaan disini dapat berkembang lagi, dan jangan sampai menjadikan perpustakaan hanya sebagai tempat gudang buku,” kata Fadli Zon.

Anggota DPR RI Syuir Syam yang juga mantan Walikota Padang Panjang, yang turut hadir, mengatakan, minat masyarakat Kota Padang Panjang setiap tahunnya semakin meningkat dan masyarakat Kota Padang Panjang sudah mulai gemar membaca, maka itu perlu mobil pustaka keliling, apabila minat masyarakat membaca lebih tinggi, maka akan kita tambah lagi mobilnya, dan manfaatkanlah mobil pustaka ini sebaik mungkin.

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis mengatakan, bahwa ini semua didapat berkat kerjasama dari semua unsur terkait, dan Pemerintah Pusat melihat ini sebagai sebuah keseriusan dari Kota Padang Panjang yang dijuluki Kota serambi Mekah.

“Ini merupakan apresiasi dari pemerintah pusat, kita akan manfaatkan mobil keliling ini, karena ini sangat bermanfaat sekali, dan ini merupakan yang kedua kalinya Kota Padang Panjang menerima bantuan mobil perpustakaan keliling dari pusat,” jelas Hendri Arnis.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang Alvi Sena ST MT mengatakan, pemberian 1 unit mobil tersebut merupakan salah satu kepercayaan dari pemerintah pusat kepada Kota Padang Panjang, dengan adannya mobil perpustakaan keliling ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca bagi masyarakat Kota Padang Panjang.

“Kita akan gunakan mobil ini sebaik-baiknya, untuk mendorong minat baca bagi masyarakat agar lebih cepat lagi, sehingga kedepannya bisa menjadikan Kota Padang Panjang sebagai Kota Literasi.

 

 

Leave A Response »