Gong Ditabuh, Tanda Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Tingkat Kota Padang Panjang Tahun 2018 Dimulai

Top Fm March 16, 2018 0
Gong Ditabuh, Tanda Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Tingkat Kota Padang Panjang Tahun 2018 Dimulai

Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Tingkat Kota Padang Panjang tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdyaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB P3A), dibuka oleh Pjs Wali Kota Irwan, S.Sos.MM ditandai dengan pemukulan gong, yang bertempat di gedung M.Syafei, Jumat (16/03/2018).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Barat Wartawati Nasrul Abit, yang mengatakan, pencanangan bulan bhakti dasawisma bertujuan untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan ketua kelompok dasawisma dalam pendataan, pencatatan, pelaporan, pembinaan dan menggerakkan warga melaksanakan 10 program pokok PKK.

Pencanangan ini juga untuk meningkatkan motivasi dan semangat kerja para kader PKK dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga, dan menumbuh kembangkan swadaya dan partisipasi masyarakat dalam 10 program pokok PKK, keberhasilan pembangunan bidang kesehatan, keluarga berencana, sosial, pendidikan, dan lain sebagainya sangat ditentukan atas partisipasi masyarakat yang digerakkan oleh para kader kelompok dasawisma.

“Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh kader PKK dan kelompok dasawisma atas kiprah yang tinggi, bahu membahu membangun dan memberdayakan keluarga diwilayah masing-masing,” ujar Wartawati.

Pjs Walikota sangat mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih oleh kader dasawisma Kota Padang Panjang selama ini, karena partisipasi, peran dan tugas kelompok dasawisma sangat besar terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Dasawisma sebagai unit terkecil dari kelompok PKK, yang memilik peran strategis untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera, dengan melaksanakan 10 program pokok PKK.

“Setiap tahunnya, Bulan Bhakti Dasawisma di Kota Padang Panjang telah mampu memberikan kontribusi terutama dalam peningkatan derajat kesehatan, kebersihan lingkungan, kesejahteraan masyarakat dan kebersamaan warga tingkat kelurahan, dan ini mesti kita pertahankan, dan tingkatkan,” jelas Irwan.

Padang Panjang yang terdiri dari 16 kelurahan, hingga saat ini para kader dasawismanya masih berperan penting dalam mendukung program program pemerintah daerah, dengan total jumlah kader dasawisma sebanyak 683 orang dan perekap dasawisma sebanyak 219 orang, yang tersebar diseluruh kelurahan, peran mereka sangat luar biasa dan sangat membantu OPD dalam berbagai hal.

Plt Ketua TP.PKK Kota Padang Panjang, Siti Kemala Irwan berharap dasawisma dapat meningkatkan peranan sebagai ujung tombak dan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat sekaligus mengantisipasi berbagai penyakit masyarakat

Acara yang dihadiri oleh ratusan kader PKK Kota Padang Panjang tersebut menggambarkan bahwa, antusias para Kader PKK tersebut menjadi salah satu gambaran bahwa kehadiran PKK mempunyai arti penting ditengah masyarakat.

Leave A Response »