GORO Bersama, Perkim LH Bersihkan Lokasi Tempat Ibadah

Top Fm March 11, 2018 0
GORO Bersama, Perkim LH Bersihkan Lokasi Tempat Ibadah

Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Padang Panjang, melaksanakan Gotong Royong (Goro) bersama, di 16 lokasi tempat ibadah yang ada di Kota Padang Panjang ini, dengan target satu Kelurahan satu Mesjid, Sabtu (11/03/2018).

Selain dari lokasi tempat ibadah yang dibersihkan, Dinas Perkim LH  juga mengajak masyarakat sekitar untuk membersihkan lingkungannya, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran, Kasimin mengatakan bahwa pembersihan yang dilkukan secara keseluruhan dari tempat ibadah tersebut mulai dari dalam mesjid, luar mesjid sampai selokan juga dibersihkan.

“Masih dalam rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ini, kita menjurus ke mesjid mesjid yang ada di Kota Padang Panjang, dengan mengajak masyarakat sekitar kita melakukan Goro bersama dan sekaligus memberikan edukasi ke masyarakat agar bisa memilah sampah, yang bisa untuk didaur ulang kembali agar menukarkannya dengan sembako pada acara tukar sampah dengan sembako nanti pada tanggal 14 Maret 2018,” ujar Kasimin.

Masyarakat yang melihat pembersihan mesjid yang dilakukan oleh Dinas Perkim LH, turut membantu dan bekerjasama dalam membersihkan mesjid serta lokasi di sekitar mesjid tersebut. Kasimin berharap agar lokasi tempat ibadah ini dijaga selalu kebersihannya, dan apabila masyarakat membutuhkan tenaga dari Dinas Perkim LH untuk membantu membersihkan mesjid atau lokasi yang dianggap berat, maka Dinas Perkim LH siap untuk membantu turun kelapangan.

Selain itu Dinas Perkim LH mempunyai mandor mandor di tiap Kelurahan, yang ditugaskan  setiap hari jumat agar melakukan pembersihan. Atau dinamakan gerakan Jumat bersih dan Dinas Perkim LH akan melakukan pengecekan ke tempat ibadah yang sudah dibersihkan tersebut.

Kasimin berharap ,”Agar setiap masyarkat lebih peduli lagi terhadap kebersihan,” harap Kasimin.

Adapaun 16 titik pantau lokasi mesjid yang dibersihkan adalah, mesjid Baitul Hikmah (Kampuang Manggis), Al Ikhlas (Tanah Hitam), Mardiyah Surau Piaman (Pasar Baru), Nurul Amri belakang SMPN 5 (Balai Balai), Asasi (Sigando), Auful Bil Uqud (Koto Katiak), Nurul Huda (Gantiang), Nurul Iman (Ekor Lubuk), Hidayah (Guguak Malintang), Nurul Hidayah (Koto Panjang) Nurul Furqan (Tapak Lambiak), mesjid Takwa (Ngalau), termasuk mesjid di Kelurahan Pasar Usang, Bukit Surungan, Silaiang Bawah, dan Silaiang Atas.

 

Leave A Response »