3,26 TON Sampah Anorganik Terkumpul, Pada Acara  Tukar Sampah Dengan Sembako

Top Fm March 14, 2018 0
3,26 TON Sampah Anorganik Terkumpul, Pada Acara  Tukar Sampah Dengan Sembako

Puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kota Padang Panjang, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) mengadakan kegiatan Tukar Sampah Dengan Sembako, yang dilaksanakan dihalaman Secata B, Rabu (14/03/2018).

Acara yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat seperti, Pelajar, Guru dan masyarakat umum, mengantarkan sampah anorganik mereka ke lapangan Secata B, lalu ditukarkan dengan sembako, selain Sembako mereka juga diberi kupon doorprize untuk mendapatkan hadiah, acara ini berlangsung dari pukul 09.00 – 12.00 WIB. Dan menghasilkan sampah anorganik atau sampah yang bisa didaur ulang sebanyak 3,26 Ton.

Rangkaian kegiatan yang bertemakan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) ini, juga dihadiri oleh Plt Asisten I Pemerintah Kota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, AP M.Si yang menyampaikan bahwa Pemerintah dalam hal ini mengajak masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik, peduli terhadap sampah, dan apabila serius mengelola dengan baik maka sampah bisa menghasilkan nilai ekonomis bagi masyarakat.

“Sampah kalau dikelola dengan baik akan banyak manfaatnya selain bernilai ekonomis juga bisa ditukar dengan Sembako, seperti yang kita saksikan saat ini. Saya berharap dan selalu mendorong Dinas Perkim LH agar selalu rutin melakukan sosialisasi serta pelatihan pelatihan kepada masyarakat, dan saya juga berharap kepada para siswa agar bisa menjadi pelopor dilingkungan sekolahnya, hingga secara keseluruhan kita bisa mengatasi masalah persampahan ini,” ujar Sonny.

Selain itu Kepala Dinas Perkim LH Wita Desi Susanti, ST mengatakan bahwa kegiatan Tukar Sampah dengan Sembako ini adalah puncaknya dari peringatan HPSN, juga melihat bagaimana antusias dari masyarakat dalam peduli terhadap sampah.

“Saya sangat senang melihat antusias dari masyarakat dan pelajar yang sudah mengerti bagaimana peduli terhadap sampah, dan kita akan tingkatkan lagi kepedulian masyarakat ini, dengan menambah bank sampah sebanyak 2 buah ditahun 2018 ini, yang berlokasi di Kecamatan Padang Panjang Timur dan Barat, selain dari 7 bank bank sampah yang sudah ada. Kedepan Kita berharap akan menargetkan tiap tiap Kelurahan agar memiliki bank sampah,” terang Wit.

Kasimin selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran berharap dengan kegiatan ini agar umur dari Tempat Pembuangan sampah Akhir bisa lebih panjang dan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara memilah dan peduli terhadap sampah sehingga bisa menghasilkan nilai ekonomis.

Di sela sela acara berlangsung dilaksanakan penyerahan hadiah kepada para pemenang perlombaan dari beberapa rangkaian acara HPSN ini, diantaranya lomba pemilahan sampah tingkat pelajar, lomba menulis dan lomba baca puisi dengan tema sampah.

Leave A Response »