TPA Sungai Andok Tampung Sampah Sampai Tahun 2020

Top Fm March 2, 2018 0
TPA Sungai Andok Tampung Sampah Sampai Tahun 2020

Berbicara soal sampah tidak akan ada habisnya, karena Kota Padang Panjang yang jumlah penduduknya kurang lebih 52.000 jiwa itu, menghasilkan sampah rata-rata 38,52 ton/hari. Data ini berdasarkan volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan sampah Akhir (TPA) setiap harinya. TPA yang berlokasi di Sungai Andok, Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang itu, dulu diperkirakan hanya mampu menampung sampah hingga tahun 2017.

Tapi dengan semangat dan gencarnya Dinas Perumahan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Padang Panjang melakukan  sosialisasi pengelolaan dan pemilahan sampah, maka volume sampah di TPA Sungai Andok bisa ditekan, penjelasan ini disampaikan oleh Kasimin S.Sos selaku Kabid Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran, Jumat (02/03/2018).

“Daya tampung TPA tahun 2017 lalu sudah diperkirakan penuh, tapi dengan semangat dan usaha yang kita lakukan dengan kita sering mensosialisasikan tentang bagaimana cara pengelolaan dan pemilahan sampah, maka sampah sampah yang masuk ke TPA dapat ditekan, ditambah dengan adanya bank bank sampah, maka ini sangat membantu sekali karena selain pemilahan sampah ditingkat masyarakat, di lokasi TPA  kita juga melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik,” jelas Kasimin.

Dengan upaya dan usaha yang dilakukan Dinas Perkim LH, sehingga masa tampung TPA yang diperkirakan hanya bisa sampai tahun 2017, sekarang bisa dipergunakan hingga 3 tahun kedepan, atau sampai pada tahun 2020 nanti, tetapi Dinas Perkim LH sudah harus memikirkan lokasi baru untuk Tempat Pembuangan sampah Akhir selanjutnya.

“Kita sudah menentukan untuk lokasi TPA yang baru, kita juga sudah merencanakan beberapa tempat, yang lokasinya masih diseputaran TPA sungai andok ini, yakni direncanakan lokasinya di Tungku Sadah,” terang Kasimin.

Namun lokasi yang direncanakan tersebut, mengalami sedikit kendala, karena areanya berada di hutan lindung, dan itu akan dibicarakan terlebih dahulu kepada Pemerintah. Dan apabila lokasi tersebut bisa kita gunakan, maka diperkirakan tempat tersebut akan bisa menampung sampah hingga 15 tahun kedepannya.

 

Leave A Response »