GEMPABUMI PADANGPANJANG AKIBAT AKTIFITAS SESAR SUMATERA

Top Fm March 11, 2018 0
GEMPABUMI PADANGPANJANG AKIBAT AKTIFITAS SESAR SUMATERA

Minggu, tanggal 11 Maret 2018, pada pukul 02:21:06 WIB, masyarakat Kota Padang Panjang dan sekitarnya dikejutkan dengan adanya goncangan gempabumi. Dari hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang diperoleh parameter gempabumi dengan kekuatan M=3.5. Pusat gempabumi ini berada di darat pada koordinat 0.49 Lintang Selatan dan 100.34 Bujur Timur, sekitar 7 kilometer Barat Daya kota Padang Panjang, pada kedalaman hiposenter 21 kilometer.
Berdasarkan laporan dari masyarakan goncangan tersebut dirasakan di Padang Panjang, Bukittinggi, Lubuk Basung berkisar II – III MMI atau II SIG

Jika kita memperhatikan letak sumber gempabumi tersebut dengan kedalaman hiposenter yang dangkal ini mencirikan sebagai aktifitas sesar sumatera, khususnya segmen sianok. Segmen Sianok terbentang di sepanjang Ngarai Sianok di Bukittinggi hingga ke sebelah Timur Danau Singkarak.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum terjadi gempabumi susulan.

Sehubungan dengan kejadian gempabumi disekitar Kota Solok, masyarakat khususnya di sekitar Kota PadangPanjang dan Bukitinggi dihimbau agar tetap tenang dan selalu meningkatkan kewaspadaan bahwa gempabumi setiap saat dapat terjadi.
Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Silaing Bawah, Kota Padang Panjang

Rahmat Triyono, ST, Dipl.Seis, M.Sc

Leave A Response »