Para Pelajar Menikmati Perlombaan Di TPA

Top Fm March 8, 2018 0
Para Pelajar Menikmati Perlombaan Di TPA

Perwakilan para pelajar tingkat SLTP dan SLTA se-Kota Padang Panjang, mengikuti perlombaan yang dilaksanakan Dinas Perumahan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Padang Panjang, yakni lomba menulis dengan tema, Lingkungan Hidup dan Persampahan serta lomba membuat puisi dengan tema, Sampah dan Lingkungan, Kamis (08/03/2018).

Perlombaan yang berlokasi langsung di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA), Sungai Andok Kota Padang Panjang ini memberikan warna baru bagi pecinta seni menulis ataupun puisi, karena selama ini kita sering mendengar kalau perlombaan identik sering dilaksanakan digedung atau diruangan terbuka.

Tapi Dinas Perkim LH memberikan warna baru dengan mengajak para pelajar se-Kota Padang Panjang untuk mengenal TPA, dengan membuat sebuah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Persampahan Nasional (HPSN) dengan tema, Mari Sayangi Bumi.

Kepala Dinas Perkim LH, Wita Desi Susanti, ST melalui Kepala Bidang (Kabid) Lingkungan Hidup Ridwan mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada para pelajar bahwa TPA itu apa, dan jangan memandang aneh terhadap TPA, tetapi setelah ditanya tentang TPA, banyak dari pelajar tersebut yang tidak mengenalinya.

“Sebanyak 60 orang pelajar yang mewakili sekolah masing masing 1 putra dan 1 putri hadir di TPA ini, kita mau tidak hanya pelajar saja yang mengetahui TPA, tapi kita berharap semua masyarakat tau apa itu TPA, dan kita berharap dari pelajar ini, mereka akan menceritakan kepada teman temannya bahwa TPA itu layak untuk dikunjungi, tidak seperti bayangan bahwa TPA itu kotor dan bau, tetapi tidak, buktinya anak anak pelajar ini nyaman dalam membuat tulisan dan puisi,” jelas Ridwan.

3 orang juri didatangkan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, dan juga dari guru, dalam hal ini menilai karya karya daripada pelajar tersebut, dan juri dari ISI berminat akan mengajak para mahasiswanya untuk datang ke TPA, dan mengadakan riset serta akan membuat pertunjukan di lokasi TPA itu.

Selain memperkenalkan kepada pelajar tentang apa itu sampah dan bagaimana peduli terhadap sampah, maka Dinas Perkim LH juga mengajak seluruh masyarakat Kota Padang Panjang, untuk menukarkan sampah anorganik atau sampah yang bisa untuk didaur ulang dengan Sembako, acara ini berlangsung hari Rabu, 14 Maret 2018 bertempat di Komplek Secata B, selain mendapatkan Sembako masyarakat juga akan diberi kupon untuk pengundian doorprize.

Kepala Bidang Persampahan Kasimin mengatakan bahwa sebelum melaksanakan kegiatan tukar sampah dengan sembako, pada hari Minggu, 11 Maret 2018, akan dilaksanakan Gotong Royong (Goro) bersama dimasjid masjid yang ada di Kota Padang Panjang ini.

“Kita akan melaksanakan Goro bersama, ini adalah salah satu rangkaian HPSN juga, dan kita akan membersihkan masjid yang ada, pada saat Goro berlangsung, silahkan kepada masyarakat untuk mengumpulkan sampah anorganik untuk ditukarkan dengan Sembako nanti,” ujar Kasimin.

Apabila sampah anorganik cukup banyak, maka Dinas Perkim LH akan bersedia menjemputnya dengan syarat, sampah anorganik akan dijemput di masjid yang telah ditunjuk yakni satu masjid per-Kelurahan. Muara dari sampah yang dikumpulkan maka Dinas Perkim LH akan membaginya kepada Bank Bank sampah yang ada di Kota Padang Panjang.

Leave A Response »