Cepi Noval SIK, Operasi Keselamatan Singgalang 2018 lebih Di Fokuskan Kepada Anak Sekolah

Top Fm March 1, 2018 0
Cepi Noval SIK, Operasi Keselamatan Singgalang 2018 lebih Di Fokuskan Kepada Anak Sekolah

Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Singgalang 2018, dilaksanakan di halaman Mapolres Padangpanjang, dengan tema, meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas untuk mendukung kebijakan Profesional, Modern, dan Tepercaya (Promoter) Kapolri,  guna terciptanya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltibcarlantas), Kamis (01/03/2018).

Operasi ini mulai dilaksanakan tanggal 05 – 25 Maret 2018, yang bertujuan untuk menciptakan lalu lintas yang aman, tertib dan lancar, sehingga masyarakat menyadari dan memahami arti pentingnya berlalu lintas.

“Kita berharap agar masyarakat memahami dan menyadari arti pentingnya berlalu lintas, sehingga kita bisa meminimalisir angka kecelakaan dan luka luka baik yang berat ataupun yang ringan serta mengurangi angka kecelakaan,” Ujar Cepi.

Polres Padangpanjang menurunkan 80 personil, yang juga melibatkan dari semua unsur stakeholder yang ada seperti, TNI, Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran dan Polisi Pamong Praja serta yang lainnya. Sehingga tercipta sinergi dalam pelaksanaan operasi ini.

Adapun sasaran dari operasi ini adalah, terutama kepada anak anak sekolah yang memakai kendaraan, selain itu kepada pengendara yang tidak memakai helm, yang melawan arus, kendaraan yang tidak memakai kaca spion. Fokus diberikan teguran kepada kendaraan yang melawan arus, menggunakan handphone saat berkendara, dan boncengan lebih dari satu, karena banyaknya kecelakaan terjadi adalah salah satu faktornya hal itu.

“Operasi ini lebih fokus kepada teguran, karena dari tahun ke tahun jumlah teguran selalu meningkat, informasi teguran pada tahun 2016 berjumlah (2.254.404), dan tahun 2017 (3.225.098) meningkat sekitar 31%, sedangkan pelanggaran tilang tahun 2016 berjumlah (6.272.375), ditahun 2017 meningkat (7.420.481),” jelas Cepi.

Pelaksanaan untuk larangan berkendara terhadap anak anak sekolah telah ditelaah oleh pemerintah, tapi mengingat wilayah hukum Polres Padangpanjang juga meliputi X Koto, Batipuah, dan Batipuah Selatan, maka Kapolres Padangpanjang akan berkoordinasi juga dengan Kapolres Tanah Datar agar Visi yang diwujudkan, untuk meminimalisir kecelakaan yang terjadi terhadap anak anak sekolah bisa terwujud.

Leave A Response »