KPU Kota Padangpanjang Laksanakan Verifikasi Faktual Terhadap 15 Partai

Top Fm January 30, 2018 0
KPU Kota Padangpanjang Laksanakan Verifikasi Faktual Terhadap 15 Partai

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangpanjang, melaksanakan verifikasi faktual terhadap 15 partai, dimulai tanggal 30 Januari – 01 Februari 2018. Berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 53/PUU-XV/2017, tertanggal 11 Januari 2017, tentang verifikasi Kepengurusan, Domisili Kantor, dan Keanggotaan Partai Politik.

Jumlah partai pada Pemilihan Legislatif (PILEG) tahun 2019 nanti, ada 15 partai politik di Kota Padangpanjang yaitu, Partai Golkar, PKB, Demokrat, PKP-Indonesia, Berkarya, Gerindra, Nasdem, PKS, Hanura, Garuda, PDI-Perjuangan, PSI, PAN, PBB, dan Perindo.

Okta Novisyah, S.Sos selaku Divisi Teknis, saat diwawancarai topfm, Selasa, (30/01/2018). Menjelaskan bahwa partai baru ataupun lama akan diverifikasi ulang kembali, yakni tentang domisili kantor, harus sesuai dengan alamat dan nomor kantornya, Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB), terus keterwakilan perempuan 30%, serta anggota dari partai tersebut.

Pada saat diverifiksi, partai politik wajib menghadirkan pengurus, KTP dan KTA juga harus cocok dengan dokumen yang dari Sipol. Apabila terdapat perbedaan terhadap salah satu yang diverifikasi oleh KPU, maka partai politik dikatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS).

Setelah dilakukan verifikasi oleh KPU Kota Padangpanjang, maka selanjutnya akan diplenokan, dan bagi partai yang BMS akan ada masa untuk perbaikan dan perobahan.

“Setelah kami lakukan verifikasi, dan diplenokan, disinilah kesempatan bagi partai politik yang Belum Memenuhi Sarat untuk perbaikan, dan diinput kembali ke sipolnya,”jelas Okta.

KPU membentuk 3 tim untuk melakukan verifikasi ke partai politik dan didampingi oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Padangpanjang.

Leave A Response »