5000m2 Lahan Di Lereng Bukit Tui Terbakar

Top Fm January 30, 2018 0
5000m2 Lahan Di Lereng Bukit Tui Terbakar

Kebakaran hutan di Bukit Tui tepatnya dibelakang Kantor Lurah Tanah Hitam, Padangpanjang Barat mengakibatkan lahan seluas kurang lebih 5000 m2 dijilat sijago merah, Selasa (30/01/2018).

Pukul 15.20  Dinas Satpol PP dan Damkar mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa telah terjadi kebakaran lahan di Bukit Tui, dan dengan sigapnya mobil kebakaran langsung menuju lokasi untuk memadamkan api.

Damkar menurunkan 4 unit mobil kebakaran, 1 mobil rescue, dan bantuan dari Tanah Datar 1 unit serta 2 unit mobil barracuda dari Brimob. Hadir juga Instansi terkait seperti Kepolisian, BPBD, dan Dinas Perhubungan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dilokasi kejadian, bermula dari seorang warga membakar sampah dibelakang rumahnya, sehingga mengakibatkan api menjalar ke lahan hutan yang cukup luas tersebut, ditambah dengan kondisi angin kencang dan panas terik yang berlangsung sudah 3 hari belakangan ini.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kel. Tanah Hitam Noferi (59), membenarkan kejadian kebakaran tersebut, sehingga mengakibatkan kebakaran yang cukup luas, Noferi menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar sampah, karena saat ini cuaca dalam keadaan panas dan angin kencang.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Arkes Refagus melalui Kasi Damkar Jon Eriko menjelaskan bahwa setelah mendapatkan laporan dari masyarakat yang mengatakan, ada asap putih mengepul tinggi diseputaran bukit tui, maka diturunkanlah mobil kebakaran ke lokasi untuk pemadaman.

Jon Eriko menghimbau dan berharap kepada masyarakat, jangan sekali kali membakar sampah karena kondisi cuaca didaerah Padangpanjang cukup ekstrim, dalam keadaan panas dan angin cukup kencang.

“Saya menghimbau kepada masyarakat, janganlah membakar sampah walaupun itu hanya sedikit, apalagi ini lokasi perbukitan dan didukung dengan cuaca yang ekstrim yaitu angin kencang dan panas terik, akan sangat mudah sekali untuk terbakar,” himbau Jon Eriko.

 

 

 

Leave A Response »