Pemko Padang panjang Gelar Upacara Bendera Hari Lahirnya Pancasila

Top Fm June 1, 2017 0
Pemko Padang panjang Gelar Upacara Bendera Hari Lahirnya Pancasila

PADANG PANJANG  – Memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Juni , Pemerintah Kota Padang panjang menggelar upacara bendera dihalaman kantor Balaikota Padang panjang. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil walikota Padang panjang  dr.Mawardi , MKM . Kamis (1/6).

Pembacaan salinan keputusan Presiden RI Joko widodo no 24 tahun 2016, tentang Hari lahir Pancasila yang dibacakan oleh Yoni Aldo, Amd Kabid Trantibum dan Penegak Perda pada Dinas Satpol PP dan Damkar , keputusan Presiden ini  berisikan  tentang :

Menetapkan tanggal 01 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan tanggal 01 Juni sebagai Hari Lahir Nasional , diharapkan kepada Pemerintah bersama seluruh komponen Bangsa dan Masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 01 Juni dan keputusan ini ditetapkan di Jakarta ,berlaku mulai tanggal 01 Juni 2016.

Wakil walikota Padang panjang dalam sambutanya menyampaikan bahwa sudah sangat tepat para pendiri bangsa menetapkan dan menyetujui Pancasila sebagai Dasar Negara Mengingat Bangsa Indonesia dibangun di atas Kebhinekaan dan Keberagaman , yang mana semua itu terkandung dalam makna Pancasila , Pancasila adalah sebagai Pondasi atau Dasar Bangsa yang harus dirawat dan dilestarikan.

Pelaksanaan Upacara Bendera yang diikuti ini merupakan salah satu bagian dari cinta dan bakti kepada Bangsa dan Negara dengan mengangkat tema pada tahun 2017 ini “ Saya Indonesia Saya Pancasila”, yang mengandung makna sangat dalam yakni sebagai bagian dari bangsa Indonesia terutama sebagai ASN dan penyelenggara negara tentunya tema tersebut harus tercermin pada sikap dan prilaku sehari hari, baik dilingkungan kerja maupun dilingkungan keluarga dan tempat tinggal.

Akhir akhir ini sudah banyak yang lupa pada makna Pancasila, padahal Pancasila adalah Dasar Negara yang mempersatukan Bangsa Indonesia dari berbagai Suku Bangsa, Budaya, Agama dan yang lainnya. Pancasila adalah Ideologi yang digali dari Bangsa Indonesia sendiri yang mengandung unsur Ketuhanan, Pengakuan hak hak azazi, Persatuan, Musyawarah, Gotong royong dan keadilan sosial. Tantangan yang dihadapi  semakin besar terutama dalam hal berbangsa dan bernegara termasuk perkembangan Ilmu pengetahuan dan Tekhnologi yang bisa saja dimanfaatkan untuk merong rong Pancasila. Diakhir sambutannya Wakil Walikota Padang panjang berharap kepada seluruh ASN yang ada di Kota Padang panjang bahwa sebagai ASN yang sudah disumpah harus taat pada Pancasila dan UUD 1945.

Wakil walikota Padang panjang berharap kepada seluruh Masyarakat Kota Padang panjang saat agar masyarakat  menganalisa dan menggali kembali Intisari dari Pancasila dan terapkanlah pada kehidupan sehari hari karena jiwa kita satu untuk Indonesia dan untuk Pancasila. (YH)

Leave A Response »