Sampah Warga Padang Lebih 8 Ribu Ton Sebulan

Top Fm January 22, 2016 0
Sampah Warga Padang Lebih 8 Ribu Ton Sebulan

PADANG, HALUAN — Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang mengangkut sampah lebih dari 282 ton setiap harinya.

Dikatakannya, dalam se­ha­ri 35 mobil amrol (dengan empat kali trip) dan 30 mobil tiper atau dam truk ( satu kali trip ) bisa mengangkut  282 ton sampah yang tersebar di pusat kota.

“282 ton lebih itu dalam sehari, dan dalam sebulan bisa lebih dari 8 ribu ton yang di­ambil dan diangkut sam­pahnya, baik itu sampah ru­mah tangga maupun sampah kering ,” terangnya.

Dikatakannya, mulai pu­kul 05.00 WIB seluruh pe­tugas sampah sudah mulai bertebaran di Kota Padang untuk mengambil sampah.

Setelah semua sampah di angkat, seluruh kontainer kosong. Namun sekitar pukul 11.00 WIB kontainer mau­pun bak sam­pah kembali penuh .

“Kita mengangkut sam­pah sesuai Perwako. Namun Lokasi Pembuangan Sampah tidak bekerjasama dengan baik sehingga pada siang harinya kontainer sampah kembali penuh bahkan sam­pai meluas ke luar kontainer,” tambahnya.

Harapannya, supaya LPS bisa membuang sampah se­suai Perwako yakni mulai pukul 05.00 WIB. Kemudian, kepada masyarakat, buanglah sampah di tempat yang telah ditentukan.

Ditambahkan Deni, LPS yang berada  di bawah nau­ngan kelurahan bisa men­sosialisasikan dengan baik agar terciptanya kerjasama dari berbagai eleman.

Ditambahkannya, dibu­tuhkan tambahan kontainer sebanyak 50 unit di peru­mahan agar masyarakat tidak jauh membuang sampah.

Juga penambahan 10 unit mobil tiper dan lima unit mobil amrol untuk per­ce­patan pengangkutan supaya sampah tidak lama dibiarkan menumpuk di kontainer,” tutup Deny.

 

Sumber : Haluan

Leave A Response »